Monday, November 17, 2014

Tahapan Mendidik Anak Dalam Islam

No comments:
Islam memiliki konsep – konsep dalam mendidik anak. Islam juga mengatur tata cara mendidik anak yang baik dan benar agar anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah seperti idaman orang tuanya. Sebagai orang tua mendidik anak dengan panduan Al-Qur’an dan hadis merupakan hal yang sangat penting. Karenanya orang tua harus memiliki bekal ilmu yang cukup agar dapat digunakan untuk mendidik anak. Ada tahapan – tahapan tersendiri dalam upaya mendidik anak dalam Islam


Tahapan Mendidik Anak Dalam Islam
Seperti apakah tahapan– tahapan untuk mendidik anak dalam Islam?, untuk memberikan informasi mengenai tahapan mendidik anak dalam Islam, kini kami bagikan mengenai Tahapan mendidik anak dalam Islam yang dapat kita jalankan, diantaranya

1. Menanamkan nilai – nilai ketauhidan.
Semua agama pada hakikatnya mengajarkan mengenai ketauhidan, demikian juga dengan agama Islam. Ilmu ketauhidan adalah ilmu yang menerangkan tentang keesaan Tuhan. Oleh karenanya agar anak bertakwa, anak harus dididik dengan nilai ketauhidan. Namun sebelum orang tua mengajarkan ilmu ketauhidan kepada anak, terlebih dahulu orang tua harus menyesuaikan tingkah laku yang dilakukannya dengan nilai –nilai yang sesuai ajaran Islam.

2. Mendidik dengan kebiasaan kita.
Kebiasaan akan memunculkan suatu kebaikan. Dalam mendidik anak juga harus membiasakan anak dengan aktivitas yang harus dilakukannya. Misalnya membiasakan anak bangun pagi agar ia dapat melaksanakan sholat subuh dapat kita lakukan guna menerapkan kebiasaan baik pada anak.

3. Motivasi untuk berbuat baik.
Orang tua adalah motivator utama anak. Sejak dini anak harus dimotivasi agar berbuat baik. Dalam masa golden age, anak akan mudah tersentuh dengan motivasi yang diberikan orang tua. 

4. Mendidik dengan reward.
Hadiah adalah pemberian terbaik orang tua untuk membuat hati anak lebih lunak sehingga anak akan tersentuh dengan nasihat kita. Yang perlu kita ingat, tidak semua reward kita berikan dengan materi namun kita dapat memberi reward berupa belaian, kecupan, ciuman, sanjungan, dan sebagainya.

5. Menggunakan metode pengajaran yang tepat.
Setiap orang memiliki sikap, kepribadian, serta watak yang berbeda. Dalam mengajari anak harus kita sesuaikan dengan kepribadian mereka dan menerapkan metode yang tepat agar anak mudah menerima masukan yang kita berikan.

Uraian diatas adalah Tahapan mendidik anak dalam Islam yang dapat dilakukan orang tua. Jadilah orang tua yang dapat bersahabat baik dengan anak dan dapat mengajari mereka dengan kebajikan.

About Elena Chris

All-Around Maker. Chocolate lover. Childish. Simple. Gardener. Muse of bloggertemplates. For more, follow me at desain rumah minimalis lengkap.

No comments

Post a Comment

Vivalog