Tuesday, October 14, 2014

5 Cara Efektif Mendidik Anak dengan Baik

No comments:
Lingkungan primer adalah lingkungan utama yang sangat diperlukan untuk mendidik anak dan menjadi lingkungan awal guna menciptakan kepribadian anak sebelum anak terjun ke lingkungan sekundernya. Dalam lingkungan primer anak dididik oleh orang tua, sehingga disini peran orang tua sangat menentukan kepribadian anak ke depannya. Langkah dan trik harus dipikirkan oleh orang tua untuk mendidik anak agar anak memiliki  kepribadian yang unggul sesuai apa yang anda harapkan sebagai orang tua. 

5 Cara Efektif Mendidik Anak dengan Baik

Bagaimanakah cara untuk mendidik anak agar memiliki kepribadian yang unggul? Berikut ini seperti yang dilansir arief.emmebi.biz.  5 Cara Efektif Mendidik Anak dengan Baik yang dapat dilakukan oleh orang tua, diantaranya

1. Miliki standar yang sama antara ibu dan ayah.
Aspek didikan dan konsep ibu dan ayah untuk mendidik anak harus dengan konsep didikan yang sama agar anak tidak merasa bingung mengikuti konsep didikan yang mana. Jika konsep didikan ibu dan ayah sama maka anak akan mudah menerapkan apa yang anda ajarkan.

2. Tumbuhkan perasaan bersalah pada anak.
Cara ini anda lakukan ketika anak anda melakukan sebuah kesalahan. Tampakkanlah bagaimana akibat yang diperoleh dari kesalahan yang mereka lakukan. Dengan demikian anda dapat menumbuhkan rasa bersalah pada anak anda jika ia melakukan sebuah kesalahan sehingga ia dapat bertanggung jawab pada kesalahan yang diperbuatnya.

3. Menumbuhkan tanggung jawab dari hal yang kecil.
Anda harus dapat cerdas menyikapi perlakuan anak. Jika anda mengetahui anak anda melakukan kesalahan, disinilah peran anda untuk mendidiknya. Anda dapat menumbuhkan tanggung jawab pada diri mereka dengan memberikan konsekuensi atas kesalahannya. Namun lakukanlah melalui hal kecil agar mereka tidak merasa tertekan dengan didikan anda.

4. Memperkenalkan informasi sebanyak mungkin kepada anak.
Anda dituntut untuk menyelipkan informasi kepada anak utamanya yang berbasis agama agar ia tahu ajaran agama sebagai pedoman hidupnya dan dapat diimplementasikan dalam keseharian.

5. Melibatkan anak dalam menentukan kegiatan.
Ini cara agar anak dapat mengemukakan gagasannya dan memupuk jiwa aktif pada diri anak. Dengan cara ini kita dapat mencoba memberikan kesempatan anak dalam mengambil keputusan, namun harus tetap anda bimbing agar ia tidak salah mengambil keputusan.

Nah, 5 cara ini dapat anda lakukan untuk mendidik anak. Demikian 5 Cara Efektif Mendidik Anak dengan Baik yang dapat anda lakukan agar anak memiliki kepribadian unggul.

About Elena Chris

All-Around Maker. Chocolate lover. Childish. Simple. Gardener. Muse of bloggertemplates. For more, follow me at desain rumah minimalis lengkap.

No comments

Post a Comment

Vivalog