Tuesday, October 7, 2014

Berbagai Macam Motif Batik Jepara

1 comment:
Jepara yang dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu daerah yang menjadi penghasil ukiran kayu yang cukup bagus yang mampu menembus pasaran dunia, hal ini terbukti dengan adanya banyaknya dari kursi ukir serta kesenian yang lainnya sudah diekspor keberbagai negara diseluruh penjuru dunia. Namun, tahukah Anda jika Jepara juga mempunyai batik yang khas, yang dijadikan kebagaan tersendiri masyarakat Jepara tersebut? Selain seni ukirnya, batik Jepara juga sudah diakui oleh dunia internasional yang sama-sama memiliki kualitas terbaik seperti seni ukirnya. 

Berbagai Macam Motif Batik Jepara

Batik yang berasal dari daerah Jepara ini mempunyai motif tersendiri yang tidak sama dengan motif batik yang lainnya. Selembar kain batik yang mempunyai relief seni ukir ini juga memiliki banyak peminatnya. maka dari itulah batik yang berasal dari Jepara tersebut diyakini cukup ampuh bersaing dengan prodak batik yang ada diseluruh penjuru dunia.

Berbagai macam motif batik Jepara yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Jepara yang mempunyai seni ukir yang luar biasa dengan hasil yang cukup sempurna, ternyata memiliki beberapa motif seperti berikut ini

1. Motif parang porong
Nama Parang Poro yang memiliki sebuah makna penting serta singkatan yang berasal dari parang, yang ternyata tida hanya sekeradar mempunyai motif Jepara. Motif ini juga disusun miring dengan stilisasi ranting serta daun yang saling mengait. Makna yang terkandung pada motif batik Parang Poro tersebut yaitu hidup yang saling membutuhkan.

2. Motif elung bimo kurdo
Motif elung bimo kurdo merupakan salah satu motif batik yang mempunyai sebuah makna kewibawaan, menunjukan keagungan, yang di inspirasi oleh tokoh yang cukup terkenal dalam pewayangan yakni bernama Nima.

3. Motif kembang setaman
Motif kembang setama yaitu sebuah motif batik yang menghasilkan sebuah lukisan ulir dengan hiasan aneka bunga serta kupu-kupu. Didalam motif ini mencerminkan sebuah harmoni keindahan sebuah taman.

Itulah berbagai macam motif batik Jepara yang memiliki sejuta keindahan yang dihasilkan dari seni ukir tersebut. Kenali semua prodak batik Jepara secara lebih lengkap supaya Anda lebih tahu tentang kain batik asal Jepara tersebut. Semoga uraian di atas berguna bagi Anda yang mencari informasi tentang makna dari berbagai macam prodak batik Jepara.

About Elena Chris

All-Around Maker. Chocolate lover. Childish. Simple. Gardener. Muse of bloggertemplates. For more, follow me at desain rumah minimalis lengkap.

Comments

  1. Hampir di setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tertentu tentang batik. Dengan adanya berbagai corak batik tersebut menambah keindahan dari batik itu sendiri.

    Sayangnya meskipun batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai Budaya tak benda warisan manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009, namun masih banyak yang belum mencintai batik, khususnya anak muda.

    Dengan adanya kurikulum di sekolah tentang batik, maka diharapkan bangsa ini, khususnya generasi muda lebih mencintai batik. Tidak hanya teori saja, namun juga praktik bagaimana proses membatik yang baik. Baca informasinya pada link berikut ini: http://cauchymurtopo.wordpress.com/2013/01/10/membatik-di-sekolah/

    ReplyDelete

Vivalog